figshare
Browse

File(s) stored somewhere else

Please note: Linked content is NOT stored on Figshare and we can't guarantee its availability, quality, security or accept any liability.

KUALITAS KIMIAWI DAN SENSORIS KECAP BERBAHAN BAKU KEONG SAWAH

dataset
posted on 2017-03-24, 15:52 authored by fish scientiaefish scientiae, Iin Khusnul Khatimah, Nooryantini Soetikno

Penelitian bertujuan  untuk mengetahui kualitas kimiawi dan sensoris kecap berbahan baku keong sawah (Bellamya javanica) dengan penambahan enzim protease. Proses pengolahan kecap secara alami memerlukan waktu yang lama, sehingga untuk mempercepat proses fermentasinya menggunakan enzim protease (bromelin dan papain).  Rancangan yang digunakan  rancangan acak lengkap pola faktorial  3x3, 2 kali ulangan .  Faktor pertama (A) penambahan  enzim bromelin (A1= 0,5%; A2= 1% ; dan A3= 1,5%);  faktor kedua (B) penambahan enzim papain (B1= 0,5%; B2= 1%; dan B3= 1,5%. Parameter yang diamati kualitas kimiawi kecap keong sawah (kadar protein, lemak, air, dan abu). 

Kualitas sensoris (spesifikasi warna, aroma dan kekentalan).  Pengamatan dilakukan pada fermentasi (5, 7, 10,  dan 13 hari).  Hasil menunjukkan kecap keong sawah terbaik dengan penambahan enzim  bromelin 1,5% dan enzim papain 1%, difermentasi selama 7 hari memiliki  nilai kadar protein tertinggi  21,71 %;  lemak 2,355%;  air 74,275%;  abu 9,89%; spesifikasi warna 71,25 (hampir berwarna coklat kehitaman/gelap); aroma 59,67 (aroma khas kecap ikan sudah mulai tercium); dan kekentalan 73 (hampir sama dengan kekentalan kecap ikan komersil).

History

Usage metrics

    Categories

    Licence

    Exports

    RefWorks
    BibTeX
    Ref. manager
    Endnote
    DataCite
    NLM
    DC