figshare
Browse

File(s) stored somewhere else

Please note: Linked content is NOT stored on Figshare and we can't guarantee its availability, quality, security or accept any liability.

INJEKSI OODEV TERHADAP REMATURASI IKAN PAPUYU(ANABAS TESTUDINEUS BLOCH) DI DALAM WADAH BUDIDAYA

dataset
posted on 2017-03-24, 15:43 authored by fish scientiaefish scientiae

Kondisi kemampuan reproduksi induk yang baru memijah mirip dengan kondisi induk yang sudah afkir. Keadaan perkembangan tingkat kematangan gonad benar-benar dalam kondisi TKG I berlangsung dalam waktu yang lama serta tidak ada kemungkinan bisa berkembang lagi jika tidak dilakukan perlakuan. Perlakuan hormon Oodev antara 0,3 – 0,7 ml/kg berat induk ikan dapat mempercepat kema-tanagan gonad.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa fekunditas terbanyak diperoleh  pada perlakuan C yakni rerata 33190 butir, selanjutnya diameter telur terbesar juga diperoleh pada perlakuan C yakni rerata 0,7 mm. Nilai IHS tertinggi terdapat pada perlakuan C (0,95%), sedangkan nilai IGS tertinggi diperoleh pada A (13,183%). Hasil pengamatan histologi gonad induk ikan papuyu didapatkan bahwa perlakuan dengan menggunakan hormon Oodev mengalami perkembangan gonad. Perubahan nilai dan kadar kualitas air dinilai masih memenuhi standar untuk hidup ikan papuyu. Hasil uji statistik terhadap semua parameter uji di atas menunjukkan bahwa seluruhnya tidak berbeda nyata antar semua perlakuan yang diberikan, dengan demikian dari hipotesis yang diberikan, maka terima Ho  dan tolak H1 berarti dosis penyuntikan Oodev tidak berpengaruh nyata terhadap proses rematurasi. Perlakuan dengan hormon Oodev memberikan pengaruh terhadap perkembangan gonad, memiliki tingkat kematangan gonad yang lebih lanjut dibandingkan dengan tanpa menggunakan hormon Oodev (kontrol). Hal ini dikarenakan peran dari FSH dalam hormon Oodev yang mempengaruhi biosintesis estradiol-17 β dan gonad mengalami perkembangan.

History

Usage metrics

    Licence

    Exports

    RefWorks
    BibTeX
    Ref. manager
    Endnote
    DataCite
    NLM
    DC