figshare
Browse
000_Cover_Komputasi _Geofisika_1.pdf (646.31 kB)

Komputasi Geofisika 1: Pemodelan dan Prosesing Geofisika dengan Octave/Matlab

Download (646.31 kB)
Version 2 2018-03-06, 06:49
Version 1 2018-03-06, 05:28
journal contribution
posted on 2018-03-06, 06:49 authored by Agus Abdullah, Mohammad HeriyantoMohammad Heriyanto, Hardianto Rizky Prabusetyo, Komputasi GeofisikaKomputasi Geofisika

Buku Komputasi Geofisika 1: Pemodelan dan Prosesing Geofisika dengan Octave/Matlab ini merupakan laporan akhir tugas proyek pemograman mata kuliah GP2103 Metode Komputasi, program studi Teknik Geofisika, Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, Universitas Pertamina. Sebagaimana diketahui bahwa setiap mata kuliah di Teknik Geofisika, Universitas Pertamina yang bernuansa pemograman kebanyakan ada proyek pemograman pada akhir kuliahnya. Tujuan diadakan proyek pemograman agar mahasiswa terjun langsung dan terbiasa mengasah logika dan berpikir kritis dalam membuat algoritma dan mengimplementasikannya dalam bahasa pemograman tertentu yang dalam proyek ini menggunakan Octave/Matlab.

Hasil laporan maupun kode proyek pemograman diarsipkan dalam bentuk artikel yang disusun menjadi buku yang kemudian diupload di figshare.com, sementara kodenya disimpan dalam GitHub (github.com) dan File Exchange MATLAB (mathworks.com). Hal ini ditujukan, yang pertama karena kami (dosen dan mahasiswa) akan mengembangkan proyek ini di semester-semester berikutnya. Kemudian yang kedua, agar dapat juga dipelajari ataupun dimanfaatkan oleh orang lain. Seandainya ada yang merujuk bagian program atau halaman pada buku ini, diharapkan merujuk sesuai dengan kaidah perujukan karya ilmiah.

Buku ini berisi 16 bagian yang diterbitkan online secara terpisah dan diurutkan berdasarkan jenis proyek pemograman, yang secara umum dibagi menjadi tiga yaitu prosesing seismics pemodelan geofisika, dan prosesing umum. Program ditulis dalam bahasa Octave/Matlab dengan kompiler berupa GNU Octave dan MATLAB R2013a. Bahasa Octave dan MATLAB dipilih karena bahasa ini sudah tingkat tinggi dan ramah pengguna (user friendly) serta mempunyai banyak fungsi yang bisa langsung dimanfaatkan untuk pemodelan dan prosesing geofisika. Meskipun begitu, kebanyakan fungsi-fungsi sederhana harus dibangun dari awal oleh mahasiswa, agar terbiasa menyelami alur kerja program.

Buku ini sangat belum sempurna, karena memang dimaksudkan untuk dokumentasi developing program tiap semester oleh mahasiswa dan dosen. Agar nanti bisa dilanjutkan oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini di semester berikutnya. Sehingga apabila ada salah tulisan atau istilah kami mohon masukan dan saran dari pembaca.

History

Usage metrics

    Licence

    Exports

    RefWorks
    BibTeX
    Ref. manager
    Endnote
    DataCite
    NLM
    DC